IMPLEMEMTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI MODUL AJAR (TEMA TERJADINYA HUJAN)

Penulis

  • Irma Pebrianti Loklomin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Munajat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi P Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kata Kunci:

modul ajar, kurikulum merdeka, hujan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan selain untuk mengidentifikasi penerapan modul ajar juga untuk memperoleh informasi implementasi penggunaan modul ajar di TK Islam Teratai Karang tengah. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa metode deskriptif kualitatif, yang artinya penelitian ini harus menggambarkan tentang subjek, situasi dan juga data yang didapat selama proses pengamatan dan juga wawancara yang akan dijadikan bahan informasi yang berguna dan juga mudah dipahami pembaca. Dalam penelitian ini selain menjelaskan tentang kurikulum merdeka juga akan memberi gambaran tentang implementasi penggunaan modul ajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di TK Islam Teratai belum menggunakan penerapan modul ajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Namun pada saat penelitian ini berlangsung peneliti beserta guru lain sangat antusias akan pengenalan modul ajar yang pembelajarannya terdiferensiasi pada anak. Selama pelaksanaan berlangung peneliti mengenalkan modul ajar dengan menggunakan tema terjadinya hujan. Dan tema ini sangat membuat anak merasa senang dalam kegiatan pembelajarannya.  Namun selama penelitian ini berlangsung peneliti juga menemukan kendala dalam pelaksanaan. Kendala tersebut ialah kurangnya pemahaman guru dalam menyusun modul ajar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31