ANALISIS PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD SARBIYAATUL AMANAH

Penulis

  • Dian Resnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ibnu Hurri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Elnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kata Kunci:

Gawai, Minat Belajar, Anak Usia Dini

Abstrak

Teknologi informasi dan komunikasi semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat serta semakin canggih. Ditunjukkan dengan hadirnya teknologi Gawai, seperti iPad, tablet, smartphone, komputer dan televisi, yang bermanfaat untuk memudahkan semua aktivitas. Kemajuan teknologi khusunya gawai berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran didalam kelas mereka akan cenderung tidak bersemangat, dan cenderung bosan dan malas-malasan dan jika dia tidak menyukai pelajaran tersebut anak itu malah asyik bermain dengan teman sebangkunya dan lebih menganggap bahwa gawai sangat penting bagi dirinya atau sebagai kebutuhan utamanya dalam kehidupan sehari-hari maka dia akan terkena dampak kecanduan misalnya malas belajar, cenderung pasif dan lebih senang menyendiri dan menjadi pribadi yang tertutup hal ini akan sangat berdampak pada pendidikannya. Sehingga dilakukanlah penelitian di PAUD Sarbiyaatul Amanah dengan hasil penelitian bahwa Dampak penggunaan gawai terhadap minat belajar anak usia dini di PAUD Sarbiyaatul Amanah sangat negatif karena dapat membuat anak menjadi malas belajar dan sulit untuk dikontrol. Anak-anak cenderung lebih tertarik bermain game dan menonton YouTube daripada mengerjakan tugas sekolah, yang berdampak buruk pada kesehatan mereka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31