PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA, SOSIAL, DAN OLAHRAGA, UNIVERSITAS PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (UNIMUDA) SORONG
Kata Kunci:
Analisis Minat baca, Sekolah DasarAbstrak
Minat baca merupakan suatu kegiatan membaca yang dilakukan oleh sekolah untuk dapat meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) minat baca siswa di kelas III SD Negeri 26 Kota Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru dan 2 siswa dari kelas III A dan kelas III B. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket dari kelas III A dengan jumlah siswa 15 hanya 6 siswa yang mendapatkan skor tertinggi, skor tertinggi mulai dari 92% sampai 82% dan skor terendah mulai dari 80% sampai 70% . Untuk kelas III B dari jumlah siswa 14 hanya 7 siswa yang mendapatkan nilai tertinggi, skor tertinggi mulai dari 90% sampai 82% sedangkan skor terendah mulai dari 80% sampai 72%. Dari hasil observasi ditemukan bahwa terdapat pojok baca disetiap kelas, dari hasil wawancara bahwa guru selalu membiasakan siswa untuk membaca sebelum belajar selama 15 menit dan antusias siswa yang mengisi waktu luang untuk membaca di pojok baca yang terdapat disetiap kelas namun faktor penghambatnya buku tidak diperbaharui secara berkala dan buku yang rusak sehingga kemungkinan besar siswa mudah merasa bosan.