PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL DALAM PENDIDIKAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS
Kata Kunci:
Perilaku Sosial, Sumber Belajar, IPSAbstrak
Perilaku sosial memegang peranan penting dalam pembelajaran ilmu sosial (IPS). Jurnal ini mengkaji implikasi dan tantangan terkait dengan perkembangan perilaku sosial siswa dalam konteks pembelajaran IPS. Pertama kita bahas dampak positif pengembangan perilaku sosial terhadap pembelajaran IPS. Perilaku sosial yang baik dapat meningkatkan interaksi antar siswa, mempererat hubungan sosial, dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis. Siswa yang memiliki keterampilan sosial yang baik juga cenderung mampu berkolaborasi dalam kelompok, berbagi ide, dan memecahkan masalah bersama. Namun, kami juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang mungkin timbul dalam mengembangkan perilaku sosial siswa selama pengajaran IPS. Salah satu tantangan terbesarnya adalah perbedaan latar belakang budaya, nilai, dan norma siswa. Hal ini dapat menimbulkan konflik dan kesalahpahaman di antara siswa, dan juga dapat mempersulit pemahaman mendalam tentang perspektif sosial yang berbeda. Permasalahan lainnya adalah kurangnya perhatian terhadap pengembangan keterampilan sosial dalam kurikulum IPS. Terlalu fokus pada aspek kognitif dapat mengabaikan pentingnya pengembangan keterampilan sosial yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya waktu dan sumber daya untuk melatih dan memperkuat perilaku sosial juga dapat menjadi penghambat pencapaian tujuan pembelajaran IPS terpadu. Jurnal ini juga mengusulkan berbagai strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Pertama, penting untuk secara eksplisit memasukkan pembelajaran keterampilan sosial ke dalam kurikulum IPS. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan metode pengajaran yang mendorong interaksi sosial, seperti: Contoh: diskusi kelompok, proyek komunitas, simulasi peran dan peran. Selain itu, pendekatan berbasis nilai integratif dan universal juga membantu mengatasi perbedaan budaya dan norma di kalangan siswa. Menggunakan studi kasus yang mencakup berbagai perspektif sosial dapat membantu siswa memahami keragaman masyarakat, mengembangkan empati, dan mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang isu-isu sosial yang kompleks.