PERAN PENDIDIK DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SPS MUTIARA HATI LANDO

Penulis

  • MarianYosefrida Mandang Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Kata Kunci:

peran pendidik, pendidikan akhlak, metode pembiasaan

Abstrak

Kemerosotan akhlak pada suatu generasi disebabkan karena kurang tertanamnya jiwa keagamaan pada diri seseorang. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi dan memberi dampak negative pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam menerapkan pendidikan akhlak anak usia dini melalui metode pembiasaan. Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidik mempunyai peran yang sangat penting dalam menarapkan pendidkan akhlak anak usia dinikarena dengan tertanamnya jiwa keagamaan pada diri seseorang dapat menghindarkan seseorang tesebut dari perbuatan yang kuranng baik. Selain itu, dampak dari diterapkannya dampak dari diterapkannya pendidikan akhlak yang baik dapat melahirkan insan akademis Indonesia yang berakhlak mulia, berkarakter jujur, bertanggungjawab, serta disiplin.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29