PENGUATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI MAHASISWA PGPAUD UI SANTO PAULUS RUTENG MELALUI PROGRAM MBKM ASISTENSI MENGAJAR

Penulis

  • Maria Irawati Woda Universitas Kristen Indonesia Santu Paulus Ruteng

Kata Kunci:

MBKM, Asistensi Mengajar, Peningkatan kecakapan, Kolaborasi, Komunikasi

Abstrak

Penelitian ini menggali potensi Pemberdayaan Mahasiswa melalui Kegiatan Aksistensi Mengajar (MBKM) dengan menitik beratkan pada dampaknya terhadap peningkatan kecakapan komunikasi dan kolaborasi. Melalui pendekatan wawancara dan observasi terhadap peserta MBKM, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana program tersebut dapat secara konkret memperkaya keterampilan komunikasi dan kemampuan berkolaborasi mahasiswa.

Metodologi penelitian ini mencakup analisis kualitatif untuk mengevaluasi efektivitas program, menjelajahi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan keterampilan mahasiswa, dan merinci kontribusi MBKM dalam konteks pemberdayaan mahasiswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan landasan bagi pengembangan program serupa serta memberikan panduan bagi mahasiswa, peneliti, Program Studi PGPAUD UNIKA Santo Paulus dalam upaya meningkatkan kualitas komunikasi dan kolaborasi mahasiswa melalui pendekatan MBKM yang inovatif.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29