PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN FOCUSED GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI UPW SMK NEGERI 7 MEDAN
Kata Kunci:
Metode Pembelajaran Focused Group Discussion, Kemampuan Menulis, Teks EksplanasiAbstrak
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk; (1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas XI Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD); (2) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik kelas XI Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dalam menulis teks eksplanasi setelah menggunakan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD); dan (3) Mendeksripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI Pariwisata Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek peneltian ini adalah kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang yang menjadi sampel penelitian. Pengukuran kemampuan menulis peserta didik terhadap teks eksplanasi akan dilakukan dengan melihat kemahiran peserta didik dalam menuliskan; (1) Struktur, (pernyataan umum, urutan sebab-akibat, interpretasi); dan (2) Kaidah kebahasaan, (kalimat pasif, bersifat informatif, kata kerja, istilah ilmiah, pemakaian konjungsi); serta (3) Mekanisme penulisan. Penelitian yang dilakukan menerapkan metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test. Yang kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis terhadap data yang ditemukan. Pada pelaksanaan pre-test didapatkan nilai rata-rata sebesar 74, sedangkan pada pelaksanaan post-test mendapatakan nilai rata-rata sebesar 86. Melalui uji hipotesis dengan taraf nyata 5% (0,05), maka ditemukan harga thitung = 0,926 < harga ttabel = 1,694. Berdasarkan temuan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H2 ditolak, dengan deskripsi bahwasanya penerapan metode pembelajaran Focused Group Discussion (FGD) berpengaruh terhadap kemampuan menulis peserta didik kelas XI UPW 1 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Medan pada Materi Teks Eksplanasi.