IMPLEMENTASI MODEL ASYIK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD AL-IKHLAS
Kata Kunci:
Model ASYIK, Minat Belajar Anak, Anak Usia DiniAbstrak
Perkembangan yang pesat terjadi pada tahapan anak usia dini. Dibutuhkan pengetahuan dan strategi dalam menyusun pembelajaran agar perkembangan dan potensi anak dapat tergali dengan maksimal. Minat belajar memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pengembangan potensi anak. Meningkatkan minat belajar anak dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar dimana anak merasa senang dan bahagia, salah satunya dengan penggunaan Model “ASYIK” dimana dalam penerapannya menggunakan nyanyian yang terdapat motivasi di dalamnya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di PAUD AL – IKHLAS Joglo Kembangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Model “ASYIK” dalam meningkatkan minat belajar anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yang merupakan strategi penelitian dimana di dalamnya peneliti menyelidiki kejadian, fenomena kehidupan individu-individu dan meminta seorang atau sekelompok individu untuk menceritakan kehidupan mereka. Berdasarkan penelitian bahwa Model ASYIK memiliki beberapa poin penting dalam pengembangan pada minat belajar anak. Hal tersebut dapat dinilai berdasarkan beberapa indikator yaitu tumbuhnya rasa senang dan semangat, menciptakan rasa ketertarikan dan minat untuk mengikuti kegiatan, adanya kesadaran untuk belajar tanpa disuruh, aktif berpartisipasi dalam kegiatan, serta memberikan perhatian penuh dalam mengikuti kegiatan.