TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM: ANALISIS SEKOLAH BERBASIS ISLAM TERPADU
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, , Sekolah Islam Terpadu (SIT), Sistem TerpaduAbstrak
Pendidikan Islam dihadapkan pada tantangan besar agar bisa mewujudkan tujuan pendidikan Islam
yang mampu membina akhlak, membina kehidupan dunia dan akhirat, penguasaan ilmu dan
keterampilan bekerja dalam aspek sosial. Sementara, pendidikan nasional bertujuan sebagai proses
untuk membentuk peradaban yang martabat melalui pengembangan potensi dan karakter generasi
bangsa yang diarahkan agar cerdas, beriman dan bertakwa, berkakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab.
Karena itu, Sekolah Islam terpadu digagas karena melihat efek sekolah- sekolah nasional yang
mendidik anak sekuleristik dengan memisahkan kehidupan keagamaan dan kehidupan sosial
bermasyarakat, sementara ada beberapa sekolah Islam yang juga bagian dari sekuleristik yang sangat
fokus terus di ibadah- ibadah mahdah sehingga mengabaikan sisi ilmu pengetahuan. Sekolah Islam
Terpadu, sebuah model pendidikan yang didesain dengan segala keterpaduan dari berbagai sisi dan
aspek pendidikan, yang meliputi visi, misi, kurikulum, pendidik, suasana pembelajaran, dan lain
sebagainya.
Sekolah Islam Terpadu sebagai bentuk satuan pendidikan pra-dasar dasar, dan menengah memiliki
peran yang sangat strategis dalam membangun, membentuk, membina, dan mengarahkan anak didik
menjadi manusia yang seutuhnya. Sistem terpadu dengan penerapan program full day school. Yang
dimaksud program terpadu adalah program yang memadukan antara program pendidikan umum dan
pendidikan agama, antara pengembangan potensi intelektual (fikriyah), emosional (ruhiyah) dan fisik
(jasadiyah), dan antara sekolah, orang tua dan masyarakat sebagai pihak yang memiliki tugas dan
tanggung jawab terhadap dunia pendidikan. Pemaduan program pendidikan umum dan agama
dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif