PENGARUH PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA-SISWI DI SMP LOKON ST. NIKOLAUS TOMOHON

Penulis

  • Hadi Ignasius Untu STP Don Bosco Tomohon
  • Brigita Woi STP Don Bosco Tomohon
  • Christofel Tuegeh STP Don Bosco Tomohon
  • Verselina Dingatan STP Don Bosco Tomohon
  • Angel Kountul STP Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Kurikulum, P5, Hasil Belajar

Abstrak

Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki tujuan yang membawah para siswa-siswi, mencapai tujuan akhir yang berprestasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan responden siswa di SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner yang telah dirancang sedemikian rupa untuk mengukur tingkat projek penguatan profil pelajar Pancasila dan hasil belajar siswa. Analisis statistik digunakan untuk menentukan hubungan dari variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara tingkat projek penguatan profil pelajar Pancasila dan hasil belajar siswa. Pebelitian ini dapat menjadi dasar untuk mengembangkan program projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam sekolah dengan tujuan dapat membawah para siswa-siswi mendapatkan hasil belajar yang baik. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai signifikan 0.000 dengan nilai R Square sebesar 0.475.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01