PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING MATERI IKATAN KIMIA
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Project Based Learning, Discovery Learning, Ikatan KimiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning Dan Discovery Learning Materi Ikatan Kimia. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I (XI B) dengan menggunakan model Project Based Learning dan kelas eksperimen II (XI D) dengan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua dari sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test, hasil penelitian ini menunjukkan pada hipotesis 1 dihasilkan nilai sig sebesar 0,036 pada taraf signifikansi 5% ( = 0,05). Karena nilai sig < ( = 0,05) maka Ha diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning Dan Discovery Learning. Sedangkan hipotesis 2 diperoleh nilai sig sebesar 0,032 pada taraf signifikansi 5% ( = 0,05). Karena nilai sig < ( = 0,05) maka Ha diterima. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning Dan Discovery Learning. Dan pada hipotesis 3 pada menunjukkan adanya korelasi antara aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model Project Based Learning Dan Discovery Learning.