PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TEKANAN DI KELAS VIII SMP/MTS
Kata Kunci:
E-modul berbasis inkuiri terbimbing, Pembelajaran daring, Materi tekanan, SMP IT Adzkia PadangAbstrak
Dalam proses pembelajaran di SMP IT Adzkia Padang peserta didik belum aktif untuk menggali pengetahuan secara mandiri, karena bahan ajar yang digunakan kurang menarik dan sulit dipahami oleh peseta didik. Oleh karena itu dikembangkan e-modul berbasisi inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan di kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah 4D yang mana didalamnya ada define, design, development dan dissemination. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket validitas dan angket praktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan e-modul berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan telah valid dan praktis. Berdasarkan validasi dan saran dari validator, e-modul berbasis inkuiri terbimbing memenuhi kriteria valid dengan tingkat validitas 89,44% (sangat valid). Hasil dari respon pendidik untuk menilai e-modul telah praktis dengan tingkat praktikalitas 85,25% ( sangat praktis), sedangkan hasil respon peserta didik 84,44% (sangat praktis). Hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa e-modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan kelas VIII yang dikembangkan valid dan praktis.