OPTIMALISASI MANAJEMEN STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN GUNA MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SANTRI DI PESANTREN
Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Kualitas HafalanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran dan muraja’ah hifdzil jadid serta muraja'ah hifdzil qadim dalam meningkatkan kualitas hafalan santri di Rumah Qur’an Klangenan Pringsewu dan Rumah tahfidz baituna Lampung. Metode penelitian ini berfokus pada penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan dirancang sebagai penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitannya menujukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran hifdzil jadid yang digunakan untuk meningkatkan kualitas hafalan santri meliputi penghafalan dengan metode tahfidz dan setoran dengan metode talaqqi. (2) Strategi muraja’ah hifdzil jadid yang diaplikasikan mencakup muraja’ah dengan metode takrir, sorogan muroja’ah dengan metode talaqqi, dan pelaksanaan kegiatan mudarosah dengan sima’an antar santri. (3) Pendekatan strategis muraja’ah hifdzil qadim mencakup muroja’ah mandiri dengan metode takrir, sorogan muroja’ah hifdzil qadim menggunakan metode talaqqi, serta sema’an rutin dan evaluasi.