REPRESENTASI MATEMATIKA SEBAGAI SARANA BERFIKIR DEDUKTIF DAN INDUKTIF DALAM PENGEMBANGAN FISIKA

Penulis

  • Keyla Zahro Alifiah Universitas Jember
  • Gita Alfiana Putri Universitas Jember
  • Nadhiva Tri Agfani Universitas Jember

Kata Kunci:

Pembelajaran Matematika, Pola Pikir Induktif, Pola Pikir Deduktif

Abstrak

Salah satu ciri utama dalam mempelajari matematika adalah menerapkan penalaran deduktif yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya, sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan matematika bersifat konsisten. Namun demikian, pembelajaran matematika dengan fokus pada pemahaman konsep dapat diawali dengan pendekatan induktif melalui pengalaman khusus yang dialami siswa. Dalam pembelajaran matematika, pola pikir induktif dapat digunakan untuk memahami definisi, pengertian, dan aturan matematika. Kegiatan pembelajaran dapat dimulai dengan menyajikan beberapa contoh atau fakta yang teramati, membuat daftar sifat-sifat yang muncul, memperkirakan hasil yang mungkin, dan kemudian siswa dengan menggunakan pola pikir induktif diarahkan menyusun suatu generalisasi. Selanjutnya, jika memungkinkan siswa diminta membuktikan generalisasi yang diperoleh tersebut secara deduktif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01