IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN MEDIA LOOSE PART UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Penulis

  • Yessi Rifmasari Universitas Adzkia
  • Devi Eka Putri Universitas Adzkia

Kata Kunci:

Project Based Learning, Loose Part, Profil Pelajar Pancasila

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi belum efektifnya pembelajaran di PAUD untuk menguatkan profil belajar pancasila anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan media loose part untuk penguatan profil pelajar pancasila anak usia 5-6 tahun di PAUD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui lembar observasi profil pelajar pancasila anak selama kegiatan proyek. Analisis data menggunakan uji t dua sampel berpasangan dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning dapat menguatkan profil pelajar pancasila anak usia 5-6 tahun di PAUD, hal ini terlihat pada hasil uji t hitung lebih tinggi dari t tabel dan terjadi peningkatan rata-rata hasil pretest hasil posttest. Dapat disimpulkan bahwa PjBL menggunakan media loosepart dapat menguatkan profil mandiri yang berguna untuk masa depan mereka.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01