PENDISIPLINAN SISWA DALAM MEMBENTUK PERILAKU MORAL DI SEKOLAH SMP NEGRI 37 MEDAN
Kata Kunci:
Perilaku, Penerapan, MoralAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi peran pendisiplinan siswa dalam membentuk perilaku moral di lingkungan sekolah. Fokus utama adalah untuk menilai efektivitas metode pendisiplinan yang diterapkan dalam mengembangkan nilai-nilai moral pada siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendisiplinan yang bersifat proaktif dan mendidik lebih cenderung memberikan dampak positif terhadap pembentukan perilaku moral siswa. Implementasi aturan yang jelas, konsistensi dalam penegakan disiplin, serta penerapan sanksi yang bersifat mendidik muncul sebagai faktor kunci dalam menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung pengembangan nilai-nilai moral. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pendisiplinan yang lebih efektif dalam membentuk karakter moral siswa, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas pendidikan moral di sekolah.