URGENSI PENGUATAN INOVASI GURU PPKN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Penulis

  • Wulan Ayu Trisna Universitas Negeri Medan
  • Sthepany Rut Monika Tobing Universitas Negeri Medan
  • Yunita Tri Carnova Manurung Universitas Negeri Medan
  • Jamaludin Rumi Universitas Negeri Medan
  • Sri Yunita Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Inovasi Ppkn, Perubahan, Industri 4.0

Abstrak

Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan besar di berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan Pancasila dan adat, guru PPKn mempunyai peranan penting dalam membantu generasi muda menghadapi permasalahan tersebut. Tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini adalah perubahan teknologi, ekonomi, dan budaya yang begitu cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data melalui wawancara, studi lapangan dan studi literatur. Revolusi Industri 4.0 telah mengubah cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi. Guru pendidikan umum juga akan dapat memasukkan dimensi baru ini ke dalam pengajaran dan pembelajaran mereka. Selain itu, guru PPK juga harus meningkatkan pemahamannya terhadap perkembangan baru kewarganegaraan dan kebijakan publik terkait Revolusi Industri 4.0. Dengan berfokus pada inovasi, pendidik komunitas dapat memainkan peran penting dalam membantu siswa memahami peran mereka dalam komunitas yang kompleks.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01