PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING BERBASIS LITERASI NUMERASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X2 SMAN 2 MEJAYAN TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Penulis

  • Dewi Fitriawati Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Nila Andriani Universitas PGRI Madiun
  • Yahya Reka Wirawan Universitas PGRI Madiun
  • Elmi Arum Sari Universitas PGRI Madiun

Kata Kunci:

Mastery Learning, Literasi Numerasi, Hasil Belajar Ekonomi, Penelitian Tindakan Kelas.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran mastery learning berbasis literasi numerasi dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X2 SMAN 2 Mejayan tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat literasi dan numerasi, di mana 20 dari 35 siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi kuis (menggunakan Quizizz), dan penilaian diskusi kelompok. Hasil pada siklus I menunjukkan 13 siswa (37%) tuntas, dengan nilai rata-rata 54,86. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 32 siswa (91%) mencapai ketuntasan, dengan nilai rata - rata 73,86. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan mastery learning berbasis literasi numerasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.

This study aims to determine the effectiveness of numeracy literacy-based mastery learning model in improving the economic learning outcomes of X2 class students of SMAN 2 Mejayan in the 2024/2025 academic year. This study is motivated by the low level of literacy and numeracy, where 20 out of 35 students have not reached the Criteria for Achieving Learning Objectives (KKTP). This study used the Classroom Action Research (PTK) method in two cycles with the stages of planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through observation, quiz documentation (using Quizizz), and group discussion assessment. The results in cycle I showed 13 students (37%) were complete, with an average score of 54.86. After improving learning in cycle II, there was a significant increase, namely 32 students (91%) achieved completeness, with an average score of 73.86. These results indicate that the application of numeracy literacy-based mastery learning is effective in improving students' economic learning outcomes.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30