PENGARUH PROGRAM BANTUAN KIP KULIAH TERHADAP PERILAKU HEDONISME, PENCAPAIAN AKADEMIK, DAN PENGENDALIAN DIRI MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI MADIUN
Kata Kunci:
Program Bantuan KIP Kuliah, Perilaku Hedonisme, Pencapaian Akademik, Pengendalian Diri MahasiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program bantuan KIP Kuliah terhadap perilaku hedonisme, pencapaian akademik, dan pengendalian diri mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang berjumlah sampel sebanyak 95 mahasiswa penerima bantuan KIP kuliah dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modeling–Partial Least Square) melalui aplikasi SmartPLS versi 4. Hasil penelian menunjukkan bahwa program bantuan KIP kuliah berpengaruh signifikan terhadap perilaku hedonisme, pencapaian akademik, dan pengendalian diri mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Namun, terhadap perilaku hedonisme berpengaruh negatif, sebagian besar mahasiswa penerima bantuan KIP menunjukkan kesadaran untuk menggunakan dana dengan bijak, meskipun terdapat sebagian kecil mahasiswa yang belum memanfaatkan bantuan tersebut secara optimal dan cenderung mengarah pada perilaku hedonisme. Temuan ini mengindikasikan bahwa program bantuan KIP Kuliah secara umum memberikan dampak positif terhadap pencapaian akademik mahasiswa, namun perlu adanya penguatan dalam aspek edukasi pengelolaan keuangan dan pengendalian diri agar bantuan tersebut tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang bersifat konsumtif berlebih.
This study aims to examine the influence of the KIP Kuliah assistance program on hedonistic behavior, academic achievement, and self-control among students at Universitas PGRI Madiun. The research employs a quantitative approach with a causal research design. The sampling technique used is simple random sampling, involving 95 students who are recipients of the KIP Kuliah assistance, determined using the Slovin formula. Data analysis was conducted using SEM-PLS (Structural Equation Modeling–Partial Least Squares) through the SmartPLS version 4 application. The results of the study show that the KIP Kuliah assistance program has a significant effect on hedonistic behavior, academic achievement, and self-control among students at Universitas PGRI Madiun. However, the influence on hedonistic behavior is negative—most KIP Kuliah recipients demonstrate awareness in using the funds wisely, although a small number of students have not utilized the assistance optimally and tend to engage in hedonistic behavior. These findings indicate that, overall, the KIP Kuliah program has a positive impact on students' academic achievement. Nevertheless, there is a need to strengthen financial management education and self-control to prevent the misuse of the assistance for excessive consumptive behavior.