PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI BERBASIS TEKNIK MIND MAPPING DI KELAS X-I SMA NEGERI 5 GORONTALO
Kata Kunci:
Pembelajaran, Menulis Teks Biografi, Mind MappingAbstrak
Teknik Mind Mapping menjadi salah satu teknik pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan gagasan melalui rangkain peta-peta dengan kombinasi warna, gambar, dan cabang-cabang melengkung sehingga lebih merangsang secara visual siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, hasil belajar siswa, faktor penghambat, dan solusi untuk mengatasi faktor penghambat implementasi teknik Mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi di kelas X-I SMA Negeri 5 Gorontalo. Metode yang digunaka adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari aktivitas proses belajar mengajar di dalam kelas, guru, dan peserta didik kelas X-I SMA Negeri 5 Gorontalo. Teknik pengumpuan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumen. Data tersebut, dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik Mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X-I SMA Negeri 5 Gorontalo telah berjalan dengan cukup baik dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini terlihat dari antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keterlibatan aktif dalam diskusi, serta hasil karya menulis teks biografi yang sebagian besar mencapai atau melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dengan nilai tertinggi rata-rata sebesar 85,75. Teknik Mind Mapping terbukti membantu peserta didik dalam mengorganisasi ide, menyusun struktur gagasan secara sistematis, dan menuangkannya ke dalam bentuk teks biografi. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa hambatan, seperti keterbatasan fasilitas, keterbatasan waktu, kesulitan dalam menghubungkan ide utama dan pendukung, serta minimnya sumber bacaan. Namun, tantangan tersebut tidak secara signifikan menghambat proses pembelajaran secara keseluruhan.
The Mind Mapping technique is an effective learning technique for enhancing ideas through a series of maps with combination of colors, images, and curved branches, thus making it more visually stimulating for students. This study aimed to describe the planning, implementation, student learning outcomes, inhibiting factors, and solutions to overcome these inhibiting factors in using the Mind Mapping technique in teaching biography text writing in grade X-I of SMA Negeri 5 Gorontalo. The method applied was descriptive with a qualitative researchtype. Data sources come from teaching and learning activities in the classroom, teachers, and student of grade X-I of SMA Negeri 5 Gorontalo. The data were collected through techniques of observation, interviews, and documentation, and they were then analyzedqualitatively. The study findings indicated that the use of the Mind Mapping technique in biography text writing lessons for grades X-I of SMA Negeri 5 Gorontalo has been fairly successful and satisfying. This was evident in the students’ enthusiasm during the learning process, their active involvement in discusiions, and their biography writing, which largely met or exceeded the Minimum Completion Criteria (KKM), with the highest average score being 85.75. Also, the Mind Mapping technique has been proven to assist students in organizing ideas, systematically structuring them, and developing them into biographical texts. However, several obstacles were still encountered, such as limited facilities, time constraints, difficulty connecting main and supporting ideas, and a lack of reading resources. However, these chalanges did not significantly inhibit the overal learning process.