INOVASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI
Kata Kunci:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Inovasi, Kinerja Guru, Sekolah Dasar, Kurikulum MerdekaAbstrak
Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas pendidikan di sekolah, khususnya melalui pengaruhnya terhadap kinerja guru. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bentuk-bentuk inovasi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka, yang mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai jurnal, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan dalam 10 tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa inovasi kepemimpinan kepala sekolah, seperti penguatan supervisi edukatif, pengembangan komunitas belajar guru, pemanfaatan teknologi, serta pemberian motivasi dan penghargaan, berkontribusi signifikan dalam meningkatkan profesionalitas dan efektivitas kinerja guru. Keberhasilan inovasi ini sangat bergantung pada dukungan sistemik, kesiapan sumber daya, dan budaya kolaboratif di lingkungan sekolah. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan kapasitas kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka.