INOVASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MENCIPTAKAN GENERASI CERDAS DAN KREATIF

Penulis

  • Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lusiana Jelita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lusia Setiawani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lativa Zahra Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Maya Riantika Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Miranda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lutfiah Tul Jannah Yonita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Khairunnisa Universitas Bangka Belitung
  • Etika Lestari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • M. Rajes Aprilianto Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Kata Kunci:

Inovasi Pembelajaran, Sekolah Dasar, Kreativitas, Generasi Cerdas, Pendidikan Abad 21

Abstrak

Pendidikan dasar merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter, kecerdasan, dan kreativitas generasi muda. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, diperlukan inovasi pembelajaran yang mampu merespons kebutuhan peserta didik secara holistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi pembelajaran di sekolah dasar serta dampaknya terhadap pengembangan potensi siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tematik integratif, pemanfaatan media digital interaktif, serta pendekatan berbasis proyek secara signifikan meningkatkan minat belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas siswa. Inovasi pembelajaran terbukti menjadi strategi efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, menantang, dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29