PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Penulis

  • Rona Gusthio Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksamana Bengkalis
  • Bambang Irawan Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksamana Bengkalis
  • Raihan Agustian Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksamana Bengkalis
  • M. Akmal Fauzan Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksamana Bengkalis
  • Tuti Nuriyati Institut Agama Islam Negeri Datuk Laksamana Bengkalis

Kata Kunci:

Akhlak, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter

Abstrak

Pendidikan Agama Islam memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, religius, dan bertanggung jawab di tengah tantangan globalisasi yang semakin kompleks. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama sejak dini serta meningkatnya degradasi moral di kalangan generasi muda. Rumusan masalah mencakup bagaimana Pendidikan Agama Islam berkontribusi dalam pembentukan karakter siswa serta faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam proses tersebut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode kepustakaan (library research), mengkaji Al-Qur’an, hadis, kitab kuning, undang-undang pendidikan, dan literatur ilmiah lainnya. Hasil menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam tidak hanya mentransfer pengetahuan agama, tetapi juga membentuk akhlak melalui keteladanan, pembiasaan, dan internalisasi nilai-nilai secara sistematis. Selain itu, integrasi pendidikan agama dan karakter secara holistik sangat efektif dalam menciptakan insan kamil yang seimbang secara spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

Islamic Religious Education (IRE) plays a strategic role in shaping students’ character to become noble, religious, and responsible individuals amid the increasingly complex challenges of globalization. The aim of this study is to raise awareness about the importance of early religious education and to address the growing moral degradation among the younger generation. The research problems include how Islamic Religious Education contributes to character development and what factors hinder this process. This study employs a qualitative approach using a library research method, examining the Qur’an, Hadith, classical Islamic texts (kitab kuning), educational laws, and other scholarly literature. The findings reveal that Islamic Religious Education not only transfers religious knowledge but also shapes morality through exemplary behavior, habituation, and systematic internalization of values. Moreover, the holistic integration of religious and character education is proven to be highly effective in creating well-rounded individuals (insan kamil) who are spiritually, intellectually, emotionally, and socially balanced.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29