PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEJURUAN MANAJEMEN PERKANTORAN KELAS X SMKS BINA SATRIA MEDAN
Kata Kunci:
Model Inquiry, Wordwall, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry dengan berbantuan media worwall terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan dengan desain penelitian quasi eksperimen. Teknik penarikan sampel yaitu nonequivalent control group discussion dengan sampel yang dipilih berjumlah 59 siswa yaitu siswa kelas X MP 1 dan X MP 2 dan jumlah populasi sebanyak 96 siswa yang merupakan jumlah keseluruhan kelas X MP. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan untuk menguji kebenaran hipotesis digunakan uji-t dengan pengolahan data menggunakan SPSS 25. Data pretest kelas eksperimen berdistribusi normal dengan taraf signifikansi 0,05 Lhitung 0,200> 0,05 dan pretest kelas kontrol yaitu Lhitung 0,70 > 0,05. Selanjutnya untuk Lhitung posttest di kelas eksperimen diperoleh 0,200>0,05 dan di kelas kontrol 0,65>0,05 sehingga data posttest memiliki distribusi normal. Pada taraf signifikan 0,05 diperoleh uji homogen dengan fhitung0,706>0,05 maka data tersebut homogen. Berdasarkan hasil uji-t yang telah diperoleh pada taraf signifikan 0,05, thitung 0,000<0,05 sehingga menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.
The purpose of this study was to determine the effect of knowing the use of inquiry learning models assisted by Worwall media on student learning outcomes. This type of research is quantitative research using experimental methods and with a quasi-experimental research design. The sampling technique is a nonequivalent control group discussion with a selected sample of 59 students, namely students of class X MP 1 and X MP 2 and a population of 96 students which is the total number of class X MP. Data collection techniques using observation and tests. The data analysis techniques used are normality tests, homogeneity tests and to test the truth of the hypothesis, the t-test is used with data processing using SPSS 25. The pretest data for the experimental class is normally distributed with a significance level of 0.05 Lcount 0.200> 0.05 and the pretest for the control class is Lcount 0.70> 0.05. Furthermore, for the Lcount posttest in the experimental class, it was obtained 0.200> 0.05 and in the control class 0.65> 0.05 so that the posttest data has a normal distribution. At a significant level of 0.05, a homogeneous test was obtained with fcount 0.706> 0.05, so the data is homogeneous. Based on the results of the t-test obtained at a significant level of 0.05, tcount 0.000 <0.05, indicating that Ho is accepted and Ha is rejected.