SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Penjaminan Mutu Pendidikan, Standar Nasional Pendidikan, Evaluasi Pendidikan, Kebijakan PendidikanAbstrak
Sistem penjaminan mutu pendidikan merupakan fondasi penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, tantangan, dan strategi sistem penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi literatur, artikel ini menyoroti peran kebijakan nasional seperti Standar Nasional Pendidikan (SNP), evaluasi internal dan eksternal, serta program- program strategis pemerintah. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa meskipun berbagai kebijakan telah diterapkan, masih terdapat hambatan seperti disparitas mutu antarwilayah, keterbatasan SDM, serta birokrasi yang kompleks. Untuk itu, strategi seperti penguatan kapasitas tenaga pendidik, digitalisasi pendidikan, dan kolaborasi multipihak menjadi kunci peningkatan efektivitas sistem penjaminan mutu. Artikel ini merekomendasikan pendekatan kolaboratif dan adaptif guna memastikan kualitas pendidikan Indonesia mampu bersaing secara global.
The education quality assurance system is an important foundation in realizing quality education that is relevant to global challenges. This study aims to analyze the concept, implementation, challenges, and strategies of the education quality assurance system in Indonesia. Using a qualitative approach based on literature studies, this article highlights the role of national policies such as National Education Standards (SNP), internal and external evaluations, and strategic government programs. The results of the discussion show that although various policies have been implemented, there are still obstacles such as disparities in quality between regions, limited human resources, and complex bureaucracy. Therefore, strategies such as strengthening the capacity of educators, digitalization of education, and multi-party collaboration are key to increasing the effectiveness of the quality assurance system. This article recommends a collaborative and adaptive approach to ensure that the quality of Indonesian education is able to compete globally.