PERAN MODERASI DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI KEAGAMAAN DAN KEBANGSAAN DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Moderasi Beragama, Keberagaman, Harmoni Sosial, Pendidikan, Toleransi, Kurikulum, Teknologi, GlobalisasiAbstrak
Indonesia, sebagai negara multikultural, menghadapi tantangan besar dalam mengelola keberagaman suku, agama, dan budaya. Keragaman ini adalah aset yang berharga, tetapi jika tidak dikelola dengan bijak, dapat menjadi sumber konflik. Pendidikan moderasi beragama menjadi solusi strategis untuk mencegah ekstremisme dan mempromosikan harmoni sosial. Artikel ini membahas tantangan keberagaman di Indonesia serta pentingnya moderasi dalam pendidikan melalui peran kurikulum, guru, dan teknologi. Integrasi nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang merupakan suatu pendekatan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis informasi dari sumber- sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan dokumen-dokumen terkait topik penelitian yang sedang dijalankan. Dengan mengadopsi prinsip moderasi, pendidikan di Indonesia memiliki potensi untuk menjadi wahana yang mampu mencetak generasi penerus yang inklusif, toleran, dan berjiwa kebangsaan tinggi. Studi ini menekankan bahwa pendidikan moderasi berperan penting dalam membentuk generasi yang inklusif, toleran, dan berjiwa kebangsaan tinggi, sehingga mampu mendukung stabilitas sosial dan nasional.
Indonesia, as a multicultural country, faces major challenges in managing ethnic, religious, and cultural diversity. This diversity is a valuable asset, but if not managed wisely, it can become a source of conflict. Religious moderation education is a strategic solution to prevent extremism and promote social harmony. This article discusses the challenges of diversity in Indonesia and the importance of moderation in education through the role of curriculum, teachers, and technology. Integration of religious and national values in the curriculum. This study uses a literature study method which is a research approach carried out by collecting and analyzing information from written sources such as books, journals, articles, and documents related to the research topic being carried out. By adopting the principle of moderation, education in Indonesia has the potential to become a vehicle that is able to produce the next generation that is inclusive, tolerant, and has a high national spirit. This study emphasizes that moderation education plays an important role in forming an inclusive, tolerant, and high national spirit generation, so that it can support social and national stability.