PENGARUH METODE SHOW AND TELL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMK NEGERI 5 MEDAN
Kata Kunci:
Show and Tell, Berbicara, PidatoAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berpidato siswa kelas XI SMK Negeri 5 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Medan, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah siswa kelas eksperimen adalah 27 siswa sedangkan jumlah siswa kelas kontrol 27 siswa, jumlah keseluruhan sampel adalah 54 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasy eksperiments atau eksperimen semu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pilihan kata, struktur, pelafalan, intonasi, sikap yang tenang, penguaasaan panggung, penguasaan materi, gerak-gerik dan mimik wajah, penalaran, serta kemampuan mengarahkan opini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpidato siswa tanpa menggunakan metode show and tell adalah 59,63, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa dengan menggunakan metode show and tell adalah 78,78 tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan nilai t hitung > t tabel (13,05 > 2,00665), dengan demikian, H0 ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode Show And Tell dengan siswa yang tidak menggunakannya di kelas XI SMK Negeri 5 Medan.