PERBANDINGAN PERMAINAN BENTENGAN DAN GALASIN TERHADAP KELINCAHAN PADA SISWA SMP KELAS 7, 8 DAN 9
Kata Kunci:
Kelincahan, Permainan Bentengan, Permainan GalasinAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan permainan dalam proses pembelajaran olahraga dengan membandingkan permainan bentengan dan galasin terhadaap kelincahan siswa smp kelas 7, 8 da 9 SMP 6 Tambun Selatan. Penelitian ini dilaksanakan selana 16 hari pada bulan X bertempat di SMP 6 Tambun Selatan. Penelitian ini menggunakan metode “Two Two Group Pre-test Post-test Design”. Artinya desain peneltian ini terdapat pre-test sebelum diberi perlakukan pelaksanaan dan post-test setelah diberi perlakuan pelaksanaan, dengan demikian dapat diketahui lebih akurat karena bisa membandingkan antara sebelum dan setelah diberi perlakuan. Pada penelitian ini melakukan permanian antar kelompok merupakan uji coba eksperimen yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan alat stopwatch untuk mengukur waktu siswa saat melakukan permainan. Sasaran populasi pada penelitian ini berjumlah 10 orang yang berasal dari kelas 7, 8 dan 9. Pada hasil uji coba penelitian korelasi efektifitas lebih condong pada permainan bentengan dengan jumlah 04,48 menit permainan diselesaikan dengan metode (pro-test) sedangkan permainan galasin menunjukkan jumlah 09,36 menit permainan diselesaikan. Artinya permainan bentengan lebih efektif dalam meningkatkan kelincahan terhadap siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP 6 Tambun Selatan.