PENGARUH APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI PADA TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH TALAMANGAPE

Penulis

  • Nurhidayah Ramadhani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Intisari Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Canva, Pendidik Anak Usia Dini, Media Pembelajaran

Abstrak

Pendidik anak usia dini adalah tenaga yang berperan menjadi panutan, pembimbing, pengasuh dan fasilitator bagi anak usia dini. Pendidik bagi anak usia dini disebut pendidik (guru). Sering kali didapati pada taman kanak-kanak proses pembelajarannya sangat monoton atau sangat kurang bervariasi. Canva adalah suatu aplikasi yang mempermudah guru dalam membuat suatu media pembelajaran yang dapat diakses pada perangkat laptop maupun smartphone. Aplikasi ini dapat digunakan dengan menghubungkan perangkat dengan jaringan data ataupun wifi. Penelitian ini mengunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas B1 dan B2 dari TK Aisiyiyah Talamangape kelompok Kelurahan Raya, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros. Berkaitan dengan permasalahan diatas maka tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh aplikasi canva sebagai media pembelajaran anak usia dini pada TK Aisyiah Talamangape penelitian ini memiliki perbedaan dengan penelitian sebelumnya.1. Penelitian ini menggunakan teknologi seperti smartphone dan laptop, 2. Menggunakan suatu aplikasi disebut canva, Sampel penelitian mengambil TK Asyiyah Talamangape berlokasi di kelurahan Raya, kecematan turikale, Kabupaten Maros.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa aplikasi Canva berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran. Seluruh guru kelompok TK Aisyiyah Talamangape meningkatkan kreativitasnya dalam membuat media pembelajaran dengan keberhasilan yang maksimal.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-01