PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI TEKS TANGGAPAN LISAN DI KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN

Penulis

  • Oktavia Stevani Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Azhar Umar Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Cooperative Script, Keterampilan Berbicara, Tanggapan Lisan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berbicara siswa pada materi teks tanggapan lisan di kelas VII SMP Negeri 29 Medan melalaui model pembelajaran Cooperative Script. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang merasa tidak percaya diri, penyampaian berlandaskan struktur teks masih kurang tepat, penggunaan model pembelajaran yang belum dapat mencapai capaian pembelajaran, siswa kurang mampu menyusun kalimat dengan baik, kurang lancar dalam menyampaikan tanggapan, intonasi kurang baik, dan kurang eksperesif dalam menyampaikan tanggapan. Adapun subjek dalam penelitian ini ialah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada keterampilan berbicara materi teks tanggapan lisan dengan menggunakan model Cooperative Script tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata 82,81 sedangkan keterampilan berbicara siswa menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai pembanding memiliki nilai rata-rata 60,15 termasuk dalam kategori cukup. Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script juga dibuktikan dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan yaitu, thitung > ttabel (15,10 > 4,16). Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Script memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara pada materi teks tanggapan lisan di kelas VII SMP Negeri 29 Medan.

This study aims to analyze students' speaking skills on oral response text material in class VII of SMP Negeri 29 Medan through the Cooperative Script learning model. This study was motivated by students who felt insecure, delivery based on text structure was still less appropriate, the use of learning models that had not been able to achieve learning outcomes, students were less able to construct sentences well, were less fluent in delivering responses, had poor intonation, and were less expressive in delivering responses. The subjects in this study were 32 students. Data collection techniques in this study were observation, testing, and documentation. While the data analysis technique used in this study was descriptive quantitative. Based on the results of the research and data analysis that had been carried out, it showed that the average value of speaking skills on oral response text material using the Cooperative Script model was included in the good category with an average value of 82.81 while students' speaking skills using the Talking Stick learning model as a comparison had an average value of 60.15 included in the sufficient category. The influence of the Cooperative Script learning model is also proven from the hypothesis testing that has been carried out, namely, tcount > ttable (15.10 > 4.16). This proves that the Cooperative Script learning model has a significant influence on speaking skills in oral response text material in class VII of SMP Negeri 29 Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30