LANDASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BERBASIS KEAGAMAAN
Kata Kunci:
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pengembangan Kurikulum, Muatan lokal keagamaanAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu pesat telah memengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Dalam konteks ini, kurikulum pendidikan harus terus diperbarui agar mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam landasan IPTEK dalam pengembangan kurikulum muatan lokal keagamaan, khususnya dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dengan perkembangan teknologi dan informasi kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kepustakaan, menganalisis berbagai literatur yang relevan terkait teori kurikulum, prinsip-prinsip pengembangannya, serta dinamika penerapannya di tengah masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum muatan lokal keagamaan memiliki urgensi tinggi dalam membentuk karakter peserta didik yang religius dan kontekstual dengan kebutuhan lokal. Dalam pengembangannya, landasan IPTEK menjadi aspek penting yang mampu memberikan kemudahan dalam pembelajaran, memperkaya media dan sumber belajar, serta meningkatkan efektivitas evaluasi. Namun demikian, terdapat berbagai tantangan, seperti kesenjangan digital, keterbatasan sumber daya manusia, dan resistensi terhadap perubahan. Di sisi lain, peluang besar juga terbuka melalui ketersediaan teknologi digital, dukungan kebijakan pendidikan, serta keterlibatan masyarakat dan orang tua dalam pendidikan. Kesimpulannya, pengembangan kurikulum muatan lokal keagamaan berbasis IPTEK memerlukan pendekatan yang holistik dan kolaboratif agar dapat mengakomodasi kebutuhan spiritual, sosial, dan intelektual peserta didik secara seimbang dan relevan dengan perkembangan zaman.
The rapid advancement of science and technology (IPTEK) has significantly influenced various aspects of life, including education. In this context, educational curricula must be continuously updated to address contemporary challenges and meet societal needs. This study aims to explore the scientific and technological foundations in the development of religious-based local content curricula, particularly in integrating religious values with the dynamics of modern technology and information. This research adopts a descriptive qualitative method through literature review, analyzing key sources related to curriculum theory, development principles, and the implementation of education within society. The results show that religious-based local content curricula are essential in shaping students' religious character while being responsive to local wisdom and cultural contexts. The integration of science and technology strengthens this development by supporting innovative teaching methods, enriching learning media and resources, and improving evaluation systems. However, several challenges remain, including unequal access to digital tools, limited educator competence, and resistance to curriculum changes. Despite these obstacles, there are notable opportunities, such as the proliferation of digital technology, government support for curriculum innovation, and greater involvement of communities and parents in education. In conclusion, the integration of science and technology in the development of religious-based local content curricula requires a comprehensive and collaborative approach to fulfill students' intellectual, moral, and spiritual needs in alignment with the demands of the digital era.