PERAN AYAH TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK
Kata Kunci:
Peran Ayah, Kepala Rumah Tangga, Pendidikan Akhlak Dalam KeluargaAbstrak
Peran ayah dimasyarakat hanyalah sebagai pencari nafkah. Namun sebetulnya lebih dari itu, anak memerlukan peran ayah yang mempunyai sifat tegas dalam hal mendidik dan menanamkan nilai- nilai akhlak dari segi ucapan maupun perbuatan. Sehingga peran ayah sebagai orang tua sekaligus sebagai kepala rumah tangga sangat diperlukan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari 3 ayah dari 3 orang anak melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model Miles and Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dapat disimpulkan, bahwa 1) Ayah sudah menanamkan nilai akhlak pada anak, 2) Ayah dapat melaksanakan perannya sebagai friend and palymate dalam menanamkan nilai akhlak dengan media audio visual dan media buku. 3) Ayah dapat melaksanakan perannya sebagai teacher and role model dengan menggunakan media langsung dan metode keteladanan 4) Ayah sudah melaksanakan perannya sebagai protector dalam menanamkan nilai akhlak karena dengan selalu mengingatkan dan dengan media langsung.
The role of fathers in society is only as breadwinners. But actually more than that, children need the role of fathers who have a firm nature in educating and instilling moral values in terms of speech and actions. So the role of fathers as parents and as heads of households is very much needed in instilling moral values in children. The research method used is qualitative with a descriptive approach. Data sources were obtained from 3 fathers of 3 children through observation, interview, and documentation activities. Data analysis techniques use the Miles and Huberman model through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of interviews, observations, and documentation, it can be concluded that 1) Fathers have instilled moral values in children, 2) Fathers can carry out their roles as friends and playmates in instilling moral values with audio-visual media and book media. 3) Fathers can carry out their roles as teachers and role models by using direct media and exemplary methods 4) Fathers have carried out their roles as protectors in instilling moral values because they always remind and with direct media.