PENGARUH LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGURANGI PERILAKU CYBERLOAFING PADA SISWA KELAS 8.5 SMP NEGERI 2 PALEMBANG
Kata Kunci:
Perilaku Cyberloafing, Layanaan Informasi, Media Audio VisualAbstrak
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan informasi menggunakan media audio visual terhadap perilaku cyberloafing pada siswa kelas 8.5 SMP Negeri 2 Palembang. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pola one-group pretest-posttest desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas kelas 8.5 SMP Negeri 2 Palembang yang berjumlah 23 siswa dengan proporsiv sampling. Perbandingan skor rata-rata pre-test (79,74) katagori sedang sedangkan skor rata-rata post-test (128,3) katagori sangat tinggi. Berdasarkan hsil uji hipotesis dengan uji paired sample t-test diperoleh t= -18,019 (P<0.005), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan pemberian layanan informasi menggunakan media audio visual terhadap perilaku cyberloafing pada siswa kelas kelas 8.5 SMP Negeri 2 Palembang.
The purpose of this study was to determine the effect of information services using audio visual media on cyberloafing behavior in class 8.5 students of SMP Negeri 2 Palembang. The design used in this research is experimental research. This research design is a one-group pretest-posttest design pattern. The population of this study were students of class 8.5 SMP Negeri 2 Palembang, totaling 23 students with purposive sampling. Comparison of the average score of the pre-test (79.74) medium category while the average score of the post-test (128.3) very high category. Based on the results of hypothesis testing with paired sample t-test obtained t = -18.019 (P <0.005), so Ho is rejected and Ha is accepted. So, there is a significant effect of providing information services using audio-visual media on cyberloafing behavior in class 8.5 students of SMP Negeri 2 Palembang.