STRATEGI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS KOMPETENSI DAN NILAI KEISLAMAN
Kata Kunci:
Kurikulum Pendidikan Islam, Kompetensi Abad 21, Nilai-nilai Keislaman, Integrasi Kurikulum, Pembelajaran Tematik IntegratifAbstrak
Strategi pengembangan kurikulum pendidikan Islam yang berbasis kompetensi dan nilai keislaman menjadi kebutuhan mendesak di tengah dinamika global dan tantangan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan dan strategi yang dapat diterapkan dalam merancang kurikulum yang seimbang antara capaian kompetensi abad 21 dan internalisasi nilai-nilai Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi antara kompetensi kognitif, afektif, dan psikomotor dengan nilai-nilai Islam seperti akhlak, spiritualitas, dan keadilan, dapat diwujudkan melalui pendekatan tematik integratif, pembelajaran berbasis proyek, serta pemanfaatan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta kebijakan pendidikan yang mendukung fleksibilitas kurikulum.