TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA KUIS INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Teams Games Tournament (TGT), Kuis Interaktif Berbasis Komputer, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian telah dilaksanakan dengan judul "Teams Games Tournament dengan Media Kuis Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa". Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan statistik sederhana, yaitu rumus persentase. Dari hasil pengolahan dan analisis data, diketahui bahwa pada siklus pertama, dari 30 siswa, hanya 12 siswa (40,00%) yang mencapai kriteria ketuntasan, sedangkan 18 siswa (60,00%) memerlukan remedial. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan yang signifikan, dengan 28 dari 30 siswa (93,33%) mencapai kriteria ketuntasan, dan hanya 2 siswa (6,67%) yang masih memerlukan remedial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan kuis interaktif berbasis komputer dalam penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX.1 di MTsN 2 Balikpapan. Namun, diperlukan penelitian lanjutan dengan variabel-variabel yang lebih kompleks yang belum terungkap dalam penelitian ini, tentunya pada waktu dan tempat yang berbeda.
A Research has been conducted with the title "Teams Games Tournament with Interactive Quiz Media in Improving Students' Learning Outcomes". This research was carried out in two cycles. The data management method in this study used simple statistics, namely the percentage formula. From the data processing and analysis, it was found that in the first cycle, out of 30 students, only 12 students (40.00%) achieved the passing criteria, while 18 students (60.00%) required remedial. In the second cycle, there was a significant improvement, with 28 out of 30 students (93.33%) achieving the passing criteria, and only 2 students (6.67%) needing remedial. Thus, it can be concluded that the Teams Games Tournament (TGT) learning model with computer-based interactive quizzes in this study was able to improve the learning outcomes of Class IX.1 students at MTsN 2 Balikpapan. However, further research is needed with more complex variables that were not uncovered in this study, of course, at different times and places.