PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENGGUNAAN DOPING DALAM DUNIA OLAHRAGA

Penulis

  • Nimrot Manalu Universitas Negeri Medan
  • Danielsen L. Gaol Universitas Negeri Medan
  • Eko Widodo Pandiangan Universitas Negeri Medan
  • Ruben Parlindungan Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Mukamad Rifki Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Doping, Mahasiswa PJOK, Persepsi, Pendidikan Olahraga, Sportivitas

Abstrak

Penggunaan doping dalam olahraga menjadi isu serius yang mengancam nilai sportivitas. Mahasiswa Pendidikan Jasmani sebagai calon pendidik dan pelatih memiliki peran strategis dalam mencegah praktik tidak sehat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman, sikap, dan persepsi mahasiswa terhadap doping. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 50 mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengetahui efek negatif doping, namun terdapat keraguan dalam mengecam praktik tersebut secara tegas. Diperlukan peningkatan edukasi anti-doping dalam kurikulum pendidikan jasmani agar mahasiswa memiliki kesadaran dan tanggung jawab moral yang lebih kuat dalam mendidik generasi atlet masa depan.

 

The use of doping in sports is a serious issue that threatens the values of fairness and integrity in competition. Students of Physical Education, as future educators and coaches, play a strategic role in preventing such unhealthy practices. This study aims to explore the level of knowledge, attitudes, and perceptions of students regarding doping. The research employed a descriptive quantitative method through questionnaires distributed to 50 respondents. The results show that while most students are aware of the negative effects of doping, some still hesitate to strongly condemn its use. This indicates the need to strengthen anti-doping education in the physical education curriculum so that students develop a deeper awareness and moral responsibility in shaping the next generation of athletes.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29