PERSEPSI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN KARAKTER
Kata Kunci:
Pendidikan Kewarganegaraan, Persepsi Siswa, Pembentukan Karakter, Nilai Moral, Metode PembelajaranAbstrak
Pendidikan Kewarganegaraan (pkn) memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sebagai warga negara yang memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap pkn sebagai sarana pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada siswa tingkat menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki pandangan positif terhadap pkn, terutama dalam aspek penguatan nilai-nilai moral, etika, dan nasionalisme. Namun, beberapa siswa merasa bahwa metode pengajaran yang kurang interaktif menghambat pemahaman mereka terhadap materi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran agar pkn dapat lebih efektif dalam membentuk karakter siswa.