TANTANGAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD DAN UPAYA MENGATASINYA: KAJIAN LITERATUR

Penulis

  • Vitri Yasinta Pardosi Universitas Negeri Medan
  • Dini Arlina Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Natasya Amelia Vega Sitorus Universitas Negeri Medan
  • Syahrial Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar, Tantangan, Kajian Literatur, Strategi Pendidikan

Abstrak

Matematika merupakan pelajaran dasar yang sangat penting di tingkat Sekolah Dasar (SD), yang bertujuan untuk melatih keterampilan berpikir logis serta kemampuan memecahkan masalah pada siswa. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika, yang berdampak pada rendahnya prestasi akademik mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam pembelajaran matematika di SD serta menyarankan berbagai solusi yang dapat diterapkan. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi dalam pembelajaran matematika meliputi pemahaman konsep yang kurang kuat, metode pengajaran yang tidak menarik, keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran interaktif, dan kecemasan siswa terhadap matematika. Faktor lingkungan, seperti akses terbatas ke sumber daya belajar dan peran orang tua, juga memengaruhi keberhasilan pembelajaran siswa. Beberapa solusi yang diusulkan antara lain adalah penerapan metode berbasis masalah dan permainan, penggunaan teknologi sebagai alat bantu belajar, serta peran aktif guru dan orang tua untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan penerapan strategi yang tepat, diharapkan pemahaman dan pencapaian siswa dalam matematika dapat meningkat secara signifikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29