PENGARUH MEDIA VISUAL BERBASIS KARTU HEWAN TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI ANIMALS DI KELAS RENDAH
Kata Kunci:
Hewan, Kosakata Bahasa Inggris, Media Visual, Pembelajaran InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media visual berbasis kartu hewan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris pada materi animals di kelas rendah SD Negeri 101919 Desa Emplasmen-Kualanamu. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 21 siswa kelas II dan menggunakan teknik analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa 67% siswa mengalami kesulitan mengenali, memahami, dan mengucapkan kosakata terkait hewan. Setelah penerapan media visual berupa gambar hewan yang dipadukan dengan metode interaktif seperti video animasi dan permainan spin, hasil pasca pembelajaran menunjukkan peningkatan signifikan, dengan 88% siswa mampu mengenali dan memahami kosakata dengan lebih baik. Media visual terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman kosakata, sehingga strategi ini dapat diadopsi untuk pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan.
This study aims to analyze the effect of using animal card-based visual media on English vocabulary mastery in the "Animals" material in the lower grades of SD Negeri 101919 Desa Emplasmen-Kualanamu. With a descriptive qualitative approach, this study involved 21 grade II students and used data analysis techniques through reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of initial observations showed that 67% of students had difficulty recognizing, understanding, and pronouncing vocabulary related to animals. After the application of visual media in the form of animal pictures combined with interactive methods such as animated videos and spin games, the post-learning results showed a significant increase, with 88% of students being able to recognize and understand vocabulary better. Visual media has been proven effective in increasing student engagement and vocabulary understanding, so this strategy can be adopted for more interactive and enjoyable learning.