PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN DAN MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMAS METHODIST-7 MEDAN
Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Fisika, Pembelajaran InovatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran Fisika di SMAS Methodist-7 Medan serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi pengukuran. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan angket. Subjek penelitian adalah guru Fisika di SMAS Methodist-7 Medan. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran, media, pendekatan, dan penilaian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Discovery Learning diterapkan dengan baik melalui langkah-langkah seperti pemberian stimulasi awal, eksplorasi informasi, diskusi, dan aplikasi konsep dalam kehidupan nyata. Media pembelajaran yang digunakan meliputi alat peraga fisik, bahan ajar digital, dan laboratorium virtual. Pendekatan berbasis eksperimen dan metode ilmiah berhasil meningkatkan pemahaman siswa serta keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, ketersediaan alat, dan variasi gaya belajar siswa. Model Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan mendorong pembelajaran aktif. Untuk optimalisasi, disarankan pengembangan media digital, pelatihan guru, dan evaluasi berkala terhadap metode pembelajaran.