PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA MATERI JOBS DALAM BAHASA INGGRIS SISWA KELAS II SD NEGERI 067098
Kata Kunci:
Media Interaktif, Pembelajaran Bahasa Inggris, Peningkatan Kosakata, Siswa Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemungkinan materi pembelajaran interaktif sebagai cara kreatif untuk mengatasi masalah penguasaan kosakata dalam materi Jobs Bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, pendekatan eksperimental diambil. Siswa di kelas dua dibagi menjadi dua kelompok secara acak: satu yang menggunakan materi pembelajaran interaktif sebagai kelompok eksperimen dan yang lainnya menggunakan teknik pengajaran tradisional. Untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa, materi pembelajaran interaktif yang mencakup berbagai komponen multimedia, termasuk suara, grafik, animasi, dan permainan interaktif, dibuat khusus untuk konten pekerjaan. Kedua kelompok mengikuti ujian kosakata sebelum dan sesudah intervensi untuk mengukur pengetahuan mereka tentang istilah yang terkait dengan pekerjaan mereka. Untuk menilai variasi skor penguasaan kosakata rata-rata antara kedua kelompok, data yang dikumpulkan dikenakan uji-t sampel independen. Skor pasca-tes rata-rata kelompok eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelompok kontrol, menurut data. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas dua di SD Negeri 067098 mendapat manfaat dari penggunaan materi pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman kosakata mereka tentang konten yang terkait dengan Jobs. Hasil ini memiliki konsekuensi signifikan bagi guru dalam memilih dan menerapkan metode pengajaran yang kreatif dan berhasil untuk meningkatkan kemahiran siswa dalam bahasa Inggris, khususnya dalam kosakata. Dalam konteks pengajaran bahasa Inggris di sekolah dasar, penelitian lebih lanjut dapat memperluas cakupan konten, melihat berbagai jenis media interaktif, dan menyelidiki variabel tambahan yang dapat memengaruhi seberapa efektif penggunaan media pembelajaran interaktif.
The purpose of this study was to examine how interactive learning resources may be used as an innovative approach to vocabulary mastery problems in English occupational subjects. An experimental technique was used in this investigation. Students in the second grade were split into two groups at random: the experimental group used interactive learning resources, while the other group was taught using conventional methods. Interactive learning tools including a variety of multimedia elements, such as sound, images, animations, and interactive games, were designed to improve students' understanding and engagement with occupational topics. Prior to and during the intervention, both groups performed vocabulary tests to gauge their familiarity with terminology associated with their respective fields of work. An independent sample t-test was applied to the gathered data in order to evaluate the difference in mean vocabulary mastery scores between the two groups. The statistics showed that the experimental group's mean post-test scores were significantly higher than the control group's. This shows that using interactive learning resources to enhance vocabulary comprehension of occupational content is beneficial for second-grade pupils at SD Negeri 067098. These findings have important ramifications for educators who choose and use innovative and effective teaching strategies to raise students' vocabulary and overall English proficiency. Additional research might examine various interactive media types, broaden the scope of content, and look into other factors that might affect how successful the use of interactive learning media is in the context of teaching English in elementary schools.