STUDI KOMPARATIF: EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU CETAK DENGAN E-BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MAHASISWA UNIMED 2023
Kata Kunci:
Efektivitas, Buku Cetak, E-Book, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas penggunaan buku cetak dan e-book dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Komparatif. Dengan Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi dan wawancara. Melalui observasi, peneliti mengamati secara langsung bagaimana mahasiswa menggunakan Buku Cetak dan E-book dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia, Sementara wawancara dilakukan untuk menggali pengalaman, preferensi, serta tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam menggunakan kedua media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik buku cetak maupun e-book keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Buku cetak lebih disukai oleh mahasiswa yang mengutamakan kenyamanan membaca, kemudahan dalam mencatat, serta daya tahan terhadap gangguan digital. Sementara itu, e-book lebih dipilih oleh mahasiswa yang menginginkan aksesibilitas, kemudahan membawa materi, serta fitur pencarian yang mempermudah pemahaman teks. Selain itu, faktor kebiasaan, ketersediaan perangkat, dan preferensi individu turut memengaruhi efektivitas penggunaan kedua media ini dalam pembelajaran.
This research aims to compare the effectiveness of using printed books and e-books in learning indonesian for medan state university (unimed) students in 2023. This type of research is comparative study research. With a descriptive qualitative approach. Data collection techniques in this research are observation and interviews. Through observation, researchers directly observed how students used printed books and e-books in the indonesian language learning process, while interviews were conducted to explore experiences, preferences and challenges faced by students in using these two media. The research results show that both printed books and e-books have their respective advantages and disadvantages. Print books are preferred by students who prioritize reading comfort, ease of note-taking, and resistance to digital interference. Meanwhile, e-books are preferred by students who want accessibility, ease of carrying material, and search features that make it easier to understand the text. Apart from that, habitual factors, device availability and individual preferences also influence the effectiveness of using these two media in learning.