PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS PERUBAHAN DAN KEBERLANJUTAN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK KARTIKA 1-2 PADANG

Penulis

  • Febrialdo Jasanddes Universitas Negeri Padang
  • Ofianto Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Infografis, Keterampilan Berfikir Perubahan Dan Keberlanjutan, Canva

Abstrak

Penelitian ini mengkaji pengembangan media pembelajaran infografis sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan peristiwa sejarah. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya variasi media yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah, minimnya inovasi media pembelajaran berbasis teknologi, serta rendahnya keterampilan analisis siswa terhadap perubahan dan keberlanjutan sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana cara merancang dan mengembangkan media pembelajaran Infografis untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah. 2) Menguji kelayakan media pembelajaran Infografis dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam pembelajaran sejarah di SMK Kartika 1-2 Padang. 3) Mengetahui kepraktisan dan keefektifan media Infografis sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam pembelajaran sejarah di SMK Kartika 1-2 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMK Kartika 1-2 Padang. Subjek dalam penelitan ini yakninya 39 orang siswa kelas XI di SMK KARTIKA 1-2 Padang. Adapun hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran Infografis berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media dengan nilai validasi yaitu sebesar 3,88 dan 3,67. Berdasarkan hasil uji kepraktisan oleh siswa dan guru menunjukkan bahwa media Infografis ini sudah sangat praktis dengan nilai skor kepraktisan 3,68 dan 3,44. Kemudian berdasarkan hasil uji keefektifan oleh siswa dan guru menunjukkan bahwa media Infografis ini juga termasuk kedalam media yang sangat efektif dengan nilai skor keefektifan 3,72 dan 3,29. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa media Infografis ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

This study investigates the development of infographic learning media to enhance students' ability to analyze historical change and continuity. The research is motivated by the limited variety of media used by teachers in history education, the scarcity of technology-based learning media innovations, and students' inadequate skills in analyzing historical change and continuity. The objectives of this research were threefold: (1) to determine the methodology for designing and developing infographic learning media to improve students' capacity to analyze change and continuity in historical events, (2) to assess the feasibility of infographic learning media in enhancing students' ability to analyze change and continuity in history learning at SMK Kartika 1-2 Padang, and (3) to evaluate the practicality and effectiveness of infographic media as a learning tool to improve students' skills in analyzing change and continuity in history education at SMK Kartika 1-2 Padang. This research employed a Research and Development (R&D) approach using the ADDIE development model, conducted at SMK Kartika 1-2 Padang. The subjects of this study were 39 eleventh-grade students at SMK Kartika 1-2 Padang. The findings indicated that the infographic learning media was deemed feasible, based on assessments from material and media experts, with validation scores of 3.88 and 3.67, respectively. Practicality tests by students and teachers revealed that the infographic media was highly practical, with practicality scores of 3.68 and 3.44. Effectiveness tests by students and teachers also showed that the infographic media was highly effective, with effectiveness scores of 3.72 and 3.29. Consequently, the researchers concluded that the infographic media is highly suitable for use in history education.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30