INOVASI DALAM PEMBELAJARAN PKN SD/MI DI ERA DIGITAL
Kata Kunci:
Inovasi, Pendidikan Keterlibatan Sipil, Pemahaman SiswaAbstrak
Evolusi teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan transformasi mendalam dalam sektor pendidikan, terutama dalam domain Pendidikan Sipil (PKN). Studi ini berusaha untuk menyelidiki inovasi dalam pedagogi PKN dalam konteks era digital, menekankan penerapan teknologi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Pendekatan metodologis yang digunakan mencakup tinjauan literatur lengkap yang bersumber dari beragam materi terkait, termasuk jurnal akademik, buku ilmiah, dan laporan penelitian empiris. Temuan menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam instruksi PKN, yang mencakup multimedia interaktif, simulasi digital, dan platform pembelajaran online, memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa tentang konten PKN. Selain itu, teknologi memungkinkan pembelajaran yang lebih kontekstual, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Namun, ada beberapa tantangan dengan menggunakan teknologi dalam pembelajaran PKN, seperti guru mungkin tidak memiliki akses yang cukup untuk menggunakannya. Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran PKN di era digital dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk menjadi warga negara yang kritis, aktif, dan bertanggung jawab di era modern.
The evolution of information and communication technology has instigated substantial transformations within the educational sphere, notably in the domain of Citizenship Education (PKN) pedagogy. This investigation seeks to examine the innovations in PKN instruction during the digital age, emphasizing the integration of technology to enhance students' comprehension. The methodological approach employed is an extensive literature review, incorporating diverse pertinent sources, including scholarly journals, academic texts, and research reports. The findings of the study indicate that the incorporation of technology in PKN instruction, exemplified by interactive multimedia, digital simulations, and online learning platforms, has the potential to significantly augment students' engagement, motivation, and understanding of PKN content. In addition to that, the incorporation of technology further facilitates a more contextualized, collaborative, and learner-centered educational experience. Nevertheless, the implementation of technology within PKN education presents certain obstacles, including restricted access to technological resources and the preparedness of educators to effectively incorporate technology into their teaching practices. This study concludes that innovations in PKN education within the digital age, facilitated by technological utilization, can serve as a viable solution to enhance educational quality and equip students to become engaged, critical, and responsible citizens in the context of the digital era.