MENGANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN KATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DIKALANGAN MAHASISWA
Kata Kunci:
Pemahaman, Kaidah Kebahasaan, Bahasa BakuAbstrak
Pada artikel ini mendeskripsikan hasil analisis dari kemampuan dalam penggunaan kata baku dan tidak baku dikalangan mahasisa. Analisis ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiswa yang mengerti arti pengertian bahasa baku tetapi tidak memahami penggunaan bahasa baku yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Hal ini terlihat dari saat prentasi dan diskusi dikelas, mahasiswa masih seringkali menggunakan bahasa bahasa non baku saat perkuliahan berlangsung. Tujuan analisis ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam berbahasa yang baku, yang menjadi focus dalam analisis ini adalah penggunaan kata baku dan kata non baku yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Hasil analisis menunjukkan hanya 60% mahasiswa menggunakan bahasa Indonesia dengan baku dan masih terdapat 40% mahasiswa yang tidak menggunakan bahasa baku sesuai kaidah kebahasaan. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara menggunakan bahasa baku pada kalangan mahasiswa masih rendah dan perlu adanya peningkatan dalam kebiasaan berbicara menggunakan bahasa baku.
This article describes the results of the analysis of the ability to use standard and non-standard words among students. This analysis is motivated by the number of students who understand the meaning of standard language but do not understand the use of standard language in accordance with linguistic rules. This can be seen from the presentation and discussion in class, students still often use non-standard language during lectures. The purpose of this analysis is to determine the ability of students in standardized language, which is the focus in this analysis is the use of standardized words and nonstandard words in accordance with the rules of language. The results of the analysis show that only 60% of students use standard Indonesian and there are still 40% of students who do not use standard language according to linguistic rules. This result shows that the ability to speak using standard language among students is still low and there is a need for improvement in the habit of speaking using standard language.