IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 SUSUKAN PAGI
Kata Kunci:
Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif, Speech Delay, Slow Learner, Tunagrahita, Down Syndrome, Strategi Pembelajaran, Kolaborasi Orang Tua, Kebijakan SekolahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 09 Susukan Pagi. Penelitian ini menemukan delapan siswa ABK dengan berbagai kebutuhan, termasuk keterlambatan berbicara (speech delay), slow learner, tunagrahita, dan Down Syndrome. Setiap siswa menunjukkan karakteristik unik yang memengaruhi proses pembelajaran mereka di kelas. Guru di sekolah ini telah menerapkan berbagai strategi, seperti penyesuaian materi, penggunaan alat bantu visual, dan kolaborasi dengan orang tua untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif. Selain itu, pihak sekolah memberikan dukungan melalui kebijakan fleksibilitas waktu belajar dan evaluasi individu. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan inklusif dengan pendekatan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa.
This study aims to identify the types and characteristics of students with special needs (ABK) at SDN 09 Susukan Pagi. The research identified eight students with various needs, including speech delay, slow learners, intellectual disabilities, and Down Syndrome. Each student exhibits unique characteristics that affect their learning processes in the classroom. Teachers at this school have implemented various strategies, such as adjusting materials, using visual aids, and collaborating with parents to create an inclusive learning environment. Additionally, the school supports inclusivity through flexible learning schedules and individual evaluations. This study highlights the importance of inclusive education with tailored approaches to meet each student's needs.