DAMPAK ERA DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA GENERASI Z
Kata Kunci:
Generasi Z, Era Digital, Keterampilan Membaca, Literasi Digital, Membaca MendalamAbstrak
Keterampilan membaca Generasi Z (Gen Z) juga dikenal sebagai "digital natives" telah sangat dipengaruhi oleh era digital. Generasi Z menikmati akses luas ke informasi melalui teknologi digital seperti internet, media sosial, dan aplikasi. Kemudahan akses ke sumber daya pendidikan, berbagai jenis media pembelajaran, dan peningkatan literasi digital merupakan beberapa dampak positif. Namun, kualitas membaca mereka dipengaruhi oleh masalah seperti kurangnya kemampuan membaca secara mendalam, multitasking yang berlebihan, kecenderungan membaca yang meremehkan, dan paparan informasi yang tidak kredibel. Penelitian ini menyelidiki dampak positif dan negatif era digital terhadap keterampilan membaca Generasi Z dan menawarkan solusi strategi untuk masalah tersebut.
The reading skills of Generation Z also known as “digital natives” have been greatly influenced by the digital era. Generation Z enjoys broad access to information through digital technology such as the internet, social media and apps. Ease of access to educational resources, various types of learning media, and increased digital literacy are some of the positive impacts. However, their reading quality is affected by problems such as a lack of in- depth reading ability, excessive multitasking, a tendency to read dismissively, and exposure to non-credible information. This research investigates the positive and negative impacts of the digital era on Generation Z's reading skills and offers strategic solutions to the problem.