PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Mimin Ninawati Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Ludia Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Erina Kartika Marta Sunjaya Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Farsya Awliya Putri Ayu Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Widia Ardana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nur Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila, Kemandirian, Sekolah Dasar, Pendidikan Karakter

Abstrak

Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini, termasuk menanamkan pola pikir mandiri. Pola pikir ini sangat penting karena membantu siswa untuk mengandalkan kemampuan mereka sendiri dalam menghadapi berbagai tantangan. Dengan kemandirian, siswa dapat mengembangkan sikap percaya diri, kemampuan mengambil keputusan, serta rasa tanggung jawab terhadap tindakan mereka. Memanfaatkan Pancasila untuk mengajarkan kemandirian siswa merupakan Strategi pengajaran yang efektif juga penting untuk pendidikan. Pembelajaran berbasis masalah adalah salah satu strategi yang memungkinkan. Siswa diminta untuk menjawab masalah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pendekatan ini. Proses ini tidak hanya melatih kemampuan berpikir kritis mereka, tetapi juga mendorong keberanian untuk mencari solusi secara mandiri. Dengan demikian, mereka tidak hanya mengembangkan kemandirian, tetapi juga kemampuan bekerja sama dalam tim. Implementasi metode pembelajaran yang mendorong kemandirian sangat relevan untuk mencapai tujuan Pendidikan Pancasila. Siswa tidak hanya memahami nilai-nilai Pancasila, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan yang tepat, Pendidikan Pancasila di sekolah dasar dapat menjadi fondasi yang kuat bagi perkembangan karakter siswa, khususnya dalam membentuk individu yang mandiri, percaya diri, dan bertanggung jawab.

Pancasila education at the primary school level has an important role in shaping students' character from an early age, including instilling an independent mindset. This mindset is very important because it helps students to rely on their own abilities in facing various challenges. With independence, students can develop self-confidence, decision-making skills, and a sense of responsibility for their actions.Utilizing Pancasila to teach students independence is an effective teaching strategy that is also important for education. Problem-based learning is one such possible strategy. Students are asked to answer problems that can be applied in daily life by using this approach. This process not only trains their critical thinking skills, but also encourages the courage to seek solutions independently. Thus, they not only develop independence, but also the ability to work together in teams. The implementation of learning methods that encourage independence is very relevant to achieving the objectives of Pancasila Education. Students not only understand the values of Pancasila, but also apply them in everyday life. Through the right approach, Pancasila Education in elementary schools can be a strong foundation for students' character development, especially in forming independent, confident, and responsible individuals.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30