ANALISIS PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF SPINNING WHEEL PADA KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Keterampilan Bericara,, Model Kooperatif Tipe Talking Stick,, Spinning Wheel.Abstrak
Keterampilan berbicara bisa di perlukan peserta didik untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan, dan keinginan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penggunaan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media interaktif spinning wheel pada keterampilan berbicara peserta didik di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 60 peserta didik di kelas V yang terdiri dari 30 peserta didik di kelas eksperimen dan 30 peserta didik di kelas kontrol. Penggunaan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media interaktif spinning wheel dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada peserta didik kelas V. Hal tersebut terbukti dengan adanya penggunaan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media interaktif spinning wheel pada keterampilan berbicara dapat dilihat dari hasil pretest dan postest, rekapitulasi penilaian keterampilan berbicara, pretest pada grup eksperimen senilai 45,61, postest pada grup eksperimen sejumlah 84,13. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa analisis penggunaan model kooperatif tipe talking stick berbantuan media interaktif spinning wheel pada keterampilan berbicara peserta didik disekolah dasar dapat meningkat.