PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Geogebra, Kemampuan Literasi Matematis, Model Problem Based Learning (PBL).Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis pada peserta didik kelas V di SDN 025 Cikutra. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan desain nonequivalent control group. Data dikumpulkan melalui tes, dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa di kelas IV sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa lainnya sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata dari pretest ke posttest, di mana pada rata-rata pretest kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai sebesar 34,33 sedangkan kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 36,17, lalu meningkat pada postest dengan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 77,83 sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan nilai sebesar 67,00. Selain itu, uji effect size menunjukkan nilai 1,77, yang menegaskan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan literasi matematis peserta didik.